Jumat, 17 Maret 2017

Memperhatikan Fase Perkembangan Bayi

Memperhatikan Fase Perkembangan Bayi
Memperhatikan Fase Perkembangan Bayi

Tumbuh kembang bayi
- Memperhatikan tumbuh kembang buah hati memang menjadi hal yang sangat menyenangkan. Tak ada satu orangtua pun yang ingin melewatkannya secara percuma. Bahkan sebagian dari Anda mungkin mengabadikannya dalam bentuk video. Ini agar Anda bisa tetap memantau perkembangan bayi dari waktu ke waktu. Tentunya video bisa diputar kembali untuk mengingat momen penting yang ingin dibagi bersama keluarga ataupun teman-teman.

Tahap tumbuh kembang bayi memang dimulai sejak kelahiran mereka ke dunia. Anda sudah dibuat terpukau bahkan berdecak kagum oleh karenanya. Beberapa orangtua mengaku dibuat tak berdaya untuk tak memperhatikan tahapan tersebut. Mereka rela melewatkan waktu bebas dengan teman-teman hanya untuk sekedar berkumpul dengan buah hati. Apakah Anda termasuk salah satu di dalamnya yang juga merasakan hal demikian?

Fase perkembangan bayi
 
Untuk membantu Anda mengenal tahap perkembangan bayi, berikut beberapa fase penting tersebut.

1. Tengkurap

Tengkurap biasanya diawali oleh kemampuan bayi untuk bertumpu pada perut mereka. Posisi ini akan bertahan selama beberapa saat. Umumnya anak-anak mulai mampu membalikkan badan ketika memasuki usia 1,5 hingga 2 bulan. Di bulan selanjutnya, otot leher mereka semakin kuat untuk melihat lurus ke depan. Pada masa ini pula anak mulai melatih tubuh mereka untuk berguling ke arah sebaliknya. Barulah pada usia 5 bulan anak bisa tengkurap secara sempurna.

2. Mengangkat kepala

Ketika anak belajar tengkurap, mereka juga mulai belajar mengangkat kepala. Awalnya mungkin hanya mampu membentuk sudut 45 derajat saja. Seiring waktu, mereka akan mulai mampu mengangkat kepala lebih tinggi lagi. Dan mereka mulai menoleh ketika Anda memanggil mereka dari arah tertentu. Umumnya posisi ini terjadi pada usia 4 bulan ataupun lebih, tergantung kekuatan otot leher dari bayi Anda sendiri.

3. Memekik gembira
Bayi Anda akan belajar mengeluarkan emosinya melalui suara-suara tertentu. Setelah memasuki usia 5 bulan, suara yang dikeluarkan mulai jelas dan Anda mengerti. Jangan lupa untuk mulai mengajarkan mereka mengucapkan satu atau dua kata sederhana. Biasanya mereka akan mulai mengikuti sepatah-patah dengan senang. Mereka akan terus berceloteh selama beraktivitas seharian. Anda pastinya dibuat tersenyum mendengar celotehan tidak jelas mereka seperti ini.

4. Merangkak


Memasuki usia 7 hingga 8 bulan, bayi Anda mulai belajar merangkak. Merangkak adalah langkah pertama mereka untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar. Mereka akan mulai aktif dan tidak ingin diam ketika Anda lengah. Bahkan beberapa anak suka merangkak berkeliling suatu ruangan untuk mengejar suatu benda ataupun mainan.

5. Berjalan

Kemampuan berjalan pada anak memang tergantung pada kekuatan otot mereka. Pada sebagian besar anak ada yang mulai berjalan di usia kurang dari 1 tahun. Tetapi ada pula yang mulai bisa berjalan di usia 12 hingga 13 bulan. Perkembangan bayi yang satu ini memang menjadi langkah awal mereka untuk lebih mandiri lagi.
Previous Post
Next Post

0 komentar: