Jumat, 17 Maret 2017

Mainan Anak Puzzle, Melatih Kecerdasan Anak

Mainan Anak Puzzle, Melatih Kecerdasan Anak
Mainan Anak Puzzle, Melatih Kecerdasan Anak
Permainan puzzle - Bunda, pastinya tidak asing bukan dengan permainan puzzle yang sering dimainkan oleh buah hati? Puzzle adalah salah satu mainan anak yang mengajarkan anak untuk menyusun suatu bentuk atau formasi. Dengan bermain puzzle, anak tentunya mendapatkan manfaat yang sangat banyak. Salah satunya adalah dengan melatih kemampuan kognitif buah hati Anda. Permainan ini juga sangat dianjurkan oleh para pakar psikolog untuk melatih kecerdasan serta daya pikir mereka.

Berbagai puzzle mudah kita jumpai di pasaran, entah itu hewan ataupun tanaman. Bahkan bagi Anda yang beragama muslim, telah tersedia pula puzzle huruf hijaiyah. Ini tentunya sekalian mengajarkan mereka mengenal huruf arab sebagai dasar mengaji. Ibarat kata, sekali dayung dua tiga pulau terlangkau. Anda tak hanya melatih anak untuk lebih pintar secara pendidikan tetapi juga spritual. Tentunya dalam bermain dibutuhkan pula pendampingan dari Anda selaku orangtua dari si buah hati.
Fungsi puzzle bagi anak
Puzzle memang diciptakan dengan tingkat kesulitan berbeda-beda. Semakin banyak kepingan yang dihasilkan, semakin tinggi pula tingkat kesulitan puzzle tersebut. Lalu, apa sajakah manfaat mainan anak yang satu ini? 

Berikut beberapa manfaat puzzle bagi anak Anda.
  • Melatih kemampuan kognitif
Bermain puzzle menjadi media bagi anak untuk menyelesaikan masalah lewat cara menarik. Anak pastinya menyukai bentuk, gambar hingga warna yang sangat menarik untuk dimainkan. Inilah alasan mengapa puzzle diciptakan dengan aneka rupa. Tak hanya itu, pastinya mereka semakin berminat menyelesaikan berbagai kumpulan gambar dengan bantuan Anda. Dengan menyusun puzzle tersebut, anak belajar memecahkan masalah yang mengasah kemampuan kognitifnya.
  • Melatih koordinasi antara mata dan tangannya
Kepingan-kepingan puzzle tentunya turut membantu anak melatih koordinasi mereka. Tentunya dibutuhkan ketepatan untuk mencocokkan potongan puzzle yang begitu rumit. Hal ini pastinya membutuhkan kemampuan antara tangan dan mata. Mata mereka harus jeli untuk memilah dan memilih puzzle mana yang cocok dipasangkan.
  • Mengajarkan kesabaran
Menyelesaikan potongan puzzle menjadi gambar yang utuh memang memerlukan waktu yang tak sebentar. Dari sinilah buah hati Anda belajar bagaimana bersabar dalam menyelesaikan suatu tantangan. Tentunya mereka tak menjadi begitu emosional jika dihadapkan pada masalah di masa yang akan datang.
  • Meningkatkan konsentrasi serta fokus anak
Mainan anak yang satu ini memang memiliki manfaat yang sangat melimpah. Salah satunya adalah melatih kemampuan anak untuk berkonsentrasi serta fokus pada suatu hal. Sel-sel otak mereka secara tidak langsung akan berkonsentrasi untuk menyelesaikan potongan puzzle. Mereka pun akan berpikir bagian mana yang cocok untuk melengkapi tempat yang lowong.
  • Mengasah daya ingat
Sebelum menyusun puzzle, anak-anak pastinya akan melihat bentuk serta warna yang benar dari potongan tersebut. Ini membuat anak mau tak mau mengingat bagian-bagian yang tepat sehingga menjadi potongan gambar yang utuh.
Previous Post
Next Post

0 komentar: