Jumat, 17 Maret 2017

Mainan yang Tepat Untuk Kecerdasan Anak Anda

Mainan yang Tepat Untuk Kecerdasan Anak Anda
Mainan yang Tepat Untuk Kecerdasan Anak Anda
Memilih mainan untuk buah hati tercinta tentunya tidak bisa sembarangan, karena jika kita salah memberi pengarahan untuk mainan yang sesuai untuk anak maka akan menyebabkan sesuatu yang berdampak buruk bagi perkembangan si anak. Contohnya jika anak kita memainkan permainan yang berbau kekerasan maka akan membentuk watak si anak menjadi keras dan tak jarang ditemukan anak sering membangkan kepada kita. 

Hal yang paling parah akan mengarah ke sifatnya setelah dewasa yang terbawa dari waktu dia kecil, misal si anak sering melihat games yang di dalamnya ada unsur kekerasan, judi, pornografi, dan hal buruk lainnya yang akan membuat pikirannya terkontaminasi dengan hal-hal buruk. Untuk itu marilah kita pandai dalam memilih mainan anak sejak dini, sehingga ke depannya dia juga tidak akan melakukan hal-hal yang negatif. Ada baiknya untuk memberikan mainan edukasi anak untuk membuatnya tetap terjaga dari hal buruk dan mengembangkan otaknya agar lebih smart. Berikut contoh mainan edukasi tersebut.
  • Permainan Komputer
Mainan edukasi anak ini berbau teknologi yang membuat anak melatih otaknya untuk mengoperasikan sesuatu yang agak rumit dan mengenal komputer. Banyak games komputer yang membuat anak menjadi pandai selain mendapat hiburan. Di dalam permainan ini akan mendorong anak menyelesaikan permainan dengan cara berpikir sehingga anak akan lebih termotivasi juga dalam belajar. Contoh permainan komputer yang baik untuk anak seperti scrabble, mencocokkan gambar, mencari perbedaan gambar, memecahkan teka-teki, menghitung benda, dan sebagainya.
  • Mainan Lego
Jenis mainan ini membantu kreativitas anak dalam merakit sesuatu, dan cukup menarik untuk menstimulasi perkembangan otak anak agar lebih kreatif. Dalam permainan ini anak dituntut untuk merangkai balok plastik untuk disusun menjadi suatu bentuk seperti mobil, rumah, kapal, dan sebagainya. Ini akan cukup membuat bangga anak karena jika mereka berhasil merangkai sesuatu, maka mereka akan merasa puas karena hasilnya adalah kreasi mereka sendiri.
  • Mainan Susun Balok
Permainan ini mirip dengan lego namun agak lebih mudah dalam menyusunnya karena sudah berbentuk bagian suatu benda seperti atap rumah, roda, kotak, bintang, dan sebagainya. Mainan edukasi anak ini tergolong sederhana dan andapun bisa mengajari anak dengan mudah untuk merangkai suatu bentuk. Terkadang produsen mainan memberikan bentuk angka dan huruf dengan maksud mengajari anak mengenal angka dan huruf. Balok berbentuk angka dan huruf ini biasanya lebih tipis dan cara memainkannya cukup menempatkan angka dan huruf ke dalam papan yang terlubangi bentuk angka dan huruf. Jika anak tersebut berhasil menempatkannya maka lubang di papan itu akan tertutup penuh.

Demikianlah berbagai contoh mainan edukasi bagi buah hati anda, selain menghibur namun juga akan membuat anak teredukasi dan berkembang baik.
Previous Post
Next Post

0 komentar: