Jumat, 17 Maret 2017

Menu Sehat Untuk Anak-anak

Menu Sehat Untuk Anak-anak
Menu Sehat Untuk Anak-anak
Menu sehat yang diberikan kepada anak balita akan terus diingatnya sampai dewasa. Karenanya ajarkan bagaimana sebenarnya menu sehat untuk anak-anak sedini mungkin.

Pola hidup anak, ketika tumbuh dewasa adalah rekaman dari “data” yang masuk ke pikiran melalui panca indera, dan serangkaian pelajaran yang dipelajari melalui pengalaman hidup. Termasuk dalam cara pandang “melihat” makanan. Ketika anak-anak mendapatkan contoh yang baik bagaimana cara menghargai makanan dengan positif, akan membentuk citra dan persepsi yang baik pula terhadapi makanan. Inilah pembentukan awal menu sehat untuk anak-anak.

Terlibat dalam proses
 
Metode ini banyak digunakan ahli nutrisi di dunia dan dianggap sebagai cara yang paling efektif adalah dengan melibatkan anak-anak dalam serangkaian proses karena dalam konsumsi menu sehat. Ajak anak-anak untuk membantu mengisi kulkas dengan bahan makanan sehat, membantu membuat kue, atau memotong sayuran dengan tangan.

Makanan kelompok
 
“Go Foods” adalah makanan yang kaya nutrisi, rendah lemak jenuh dan kolesterol. Menu sehat untuk anak-anak ini dapat dimakan setiap saat, misalnya: buah-buahan, sayuran, biji-bijian, sereal, daging tanpa lemak, unggas tanpa ulit, kacang-kacangan, susu skim, putih telur dan air. “Slow foods”  atau “Sometimes foods” adalah makanan yang tinggi lemak, kolesterol dan kalori. Ini tidak boleh terlalu sering dikonsumsi, seperti daging asap, daging berlemak, salad dressing, mayonnaise, susu, jus buah dan buah kering. “Whoa foods” adalah makanan yang tinggi kadar lemak dan kalori. Contoh: kentang goreng, buah kalengan, daging berlemak, ayam goreng dengan kulit, telur (kuning termasuk), kue atau biskuit, makanan penutup (termasuk kue dan tart), popcorn dituangkan mentegaleleh,  susu dan soda.

Ajarkan anak-anak untuk makan buah setelah makanan utamanya. Berikan pada anak makanan saat lapar. Karena anak-anak yang lapar akan makan apa yang tersedia, termasuk berbagai makanan yang termasuk dalam menu sehat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: