Jumat, 17 Maret 2017

Ketika Sikecil Tumbuh Gigi Pertama

Ketika Sikecil Tumbuh Gigi Pertama
Ketika Sikecil Tumbuh Gigi Pertama
Ayah bunda jangan terburu emosi jika bayi anda tiba-tiba rewel dan banyak mengeluh. Ditambah lagi produksi air liurnya menjadi lebih banyak. Jika hal tersebut terjadi pada bayi anda, cobalah ayah bunda periksa giginya, besar kemungkinan bayi anda sedang mengalami tumbuh gigi untuk pertama kalinya.

Gigi Pertama
 
Dimulai diusia empat hingga enam bulan, bayi anda akan mengalami saat tumbuh gigi untuk pertama kalinya. Gigi pertama yang tumbuh biasanya adalah dua gigi depan bagian bawah. Selanjutnya baru empat gigi depan bagian atas. sementara sisa gigi lainnya termasuk gigi taring dan gigi geraham akan menyusul tumbuh hingga usia mereka dua atau satu setengah tahun sampai kumplit 20 gigi.

Tanda-tanda Tumbuh Gigi Pertama
 
Saat gigi pertama tumbuh, bayi anda akan mengalami berbagai efek dan perasaan tidak nyaman, seperti:
  • Lebih sensitif dan rewel.
  • Sulit tidur.
  • Produksi air liur berlebih, suka ngiler.
  • Suka menggigit dan mengunyah apapun.
Tanda-tanda bayi anda sedang tumbuh gigi juga ditandai dengan membengkaknya gusi dimana gigi mereka akan tumbuh. Gejala ini biasanya mulai terjadi sejak tiga hingga empat hari sebelum gigi tumbuh sampai dua hingga tiga hari setelah gigi tumbuh.

Penanganan
 
Jika bayi anda terlihat tidak nyaman saat mengalami tumbuh gigi pertama, berikut beberapa tips yang bisa ayah bunda lakukan guna membantu mereka merasa lebih baik:
  1. Cobalah ayah bunda melakukan beberapa pengalihan sederhana seperti mengendong dan memeluk mereka, mengindung-indung mereka dalam gendongan, atau sekedar mengajak mereka berjalan-jalan disekitar rumah.
  2. Pijatlah gusi mereka dengan menggunakan jari yang bersih dengan interval setiap dua menit atau sesering yang dibutuhkan.
  3. Bungkuslah es batu dengan selembar kain  bersih, lalu gosoklah perlahan di daerah gusi dimana gigi pertama akan tumbuh. Hati-hati, jangan sampai es batu keluar dari bungkusan, karena bisa menyebabkan bayi anda tersedak.
  4. Ijinkan bayi anda memijat gusinya dengan teething ring, teething ring yang dalam keadaan dingin(bukan beku) sangat membantu membuatnya nyaman. Namun, hindari penggunaan teether saat gigi pertama mereka sudah tumbuh, karena bisa menyebabkan gigi barunya menancap di teether.
  5. Beri bayi anda makanan dingin seperti Applesauce atau puree buah dengan catatan sikecil memang sudah siap memakan makanan solid. Jangan beri mereka makanan keras selain bubur atau puree karena dapat menyebakan mereka tersedak.
  6. Jika bayi anda mengeluarkan air liur berlebih, hindari mereka mengalami dehidrasi dengan mengganti cairan yang hilang dengan jus atau air. Jika anda ingin tetap menjaga wajah dan pakaiannya dari iritasi akibat air liur, gunakan slobber untuk melindungi pakaiannya dari kebasahan air liur.
  7. Jika metode-metode diatas tidak berhasil, konsultasilah dengan dokter anak anda untuk memakai alternatif penggunaan obat seperti Zilactin Baby medicated gel, Hyland’s Teething Gel atau Tablets, Baby Orajel Teething Pain Medicine, atau Baby Anbesol.
  8. Jika cara sebut masih belum juga berhasil, ayah bunda bisa berkonsultasi kembali dengan dokter anak, untuk menggunaan sistem analgesic, seperti penggunaan acetaminofen atau ibuprofen anak. Jangan menggunakan aspirin, karena bisa menyebabkan ternyadinya sindrom Reye, penyakit yang berpotensial mengancam hidup bayi anda.
Fase tumbuh gigi nampaknya marupakan salah satu fase sulit yang harus dialami ayah bunda dan bayi. Namun jika ayah bunda menghadapinya dengan positif, tidak terasa fase ini akan anda lewati dengan ringan sebelum anda menyadarinya. Dan kini tinggal ayah bunda yang akan puas memandangi keindahan senyum manis gigi pertama si Kecil.
Previous Post
Next Post

0 komentar: